Senin, 28 Maret 2016

Berpikir Induktif



1.      Generalisasi adalah penalaran induktif dengan cara menarik kesimpulan secara umum berdasarkan sejumlah data. Jumlah data atau peristiwa khusus yang dikemukakan harus cukup dan dapat mewakili
Contoh :
Dua  anak kecil ditemukan tewas di pinggir Jalan Narogong. Seminggu kemudian, seorang anak laki-laki hilang ketika pulang dari bermain. Sehari kemudian, polisi menemukan bercak-bercak darah dikursi belakang motor Agil. Polisi juga menemukan potret dua orang anak yang tewas di Jalan Narogong dalam kantung celana Agil. Dengan demikian, Agil adalah orang yang dapat dimintai pertanggung jawaban tentang hilangnya tiga anak itu.

2.      Analogi adalah penalaran induktif dengan membandingkan dua hal yang banyak persamaannya. Berdasarkan persamaan kedua hal tersebut, Anda dapat menarik kesimpulan.
Contoh :
Para atlet memiliki latihan fisik yang keras guna membentuk otot-otot yang kuat dan lentur. Demikian juga dengan tentara, mereka memerlukan fisik yang kuat untuk melindungi masyarakat. Keduanya juga membutuhkan mental yang teguh untuk bertanding ataupun melawan musuh-musuh di lapangan. Oleh karena itu, untuk menjadi atlet dan tentara harus memiliki fisik dan mental yang kuat.

3.      Paragraf hubungan hubungan kausal adalah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan fakta khusus yang menjadi sebab, dan sampai pada simpulan yang menjadi akibat.
Contoh :
Hujan berturut-turut mengguyur kota kami.Air sungai berangsur-angsur naik. Jalan dan halaman rumah pun mulai digenangi air. Akhirnya, banjir pun melanda kota kami .

Nama : Albertus Hermanto Niron
Kelas : 3KA34
NPM : 10113588

Tidak ada komentar:

Posting Komentar